Rangkuman materi Microsoft excel, word , dan power point
MICROSOFT POWER POINT
Microsoft Excel adalah sebuah
aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft
Office. Perangkat lunak ini berjenis spreadsheet. Pada awal dibuatnya Microsoft
Excel dapat berdiri sendiri dan bukan menjadi bagian dari Microsoft Office.
Namun sekarang ini Microsoft Excel sudah merupakan satu paket dengan Microsoft
Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak yang merupakan kebutuhan
kantor dewasa ini. Aplikasi yang berbentuk lembar kerja ini dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk pengguna Apple Mac OS dan
Microsoft Windows. Dalam aplikasi ini tersedia fitur pembuatan grafik dan fitur
kalkulasi yang sifatnya agresif dan progresif.
Microsoft Excel merupakan aplikasi
untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus,
pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan
menajemen data.
Pemakaian rumus sendiri dapat berupa
penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian
fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung
dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika.
Menggunakan microsoft excel
1.
Cara memberikan nomor urut secara praktis
·
Langkah yang pertama tulis angka 1 di colom A1
dan angka 2 di koloum A2 kemudian klik dan tarik sampai ke kolom angka 2
·
Kemudian di pojok kanan bawah dekat angka 2 ada
tanda kotak, klik tanda tersebut dan tarik hingga beberapa colom
·
Jika ingin menambahkan lagi lakukan hal yang
sama.
2.
Menyatukan cell atau colom
3.
Cara menghitung menggunakan microsoft excel.
Jika penjumlahan pilih sum, mencari rata rata menggunakan average, caranya
cukup select angka yang ingin di jumlah atau di tambah lalu klik auto sum dan
pilih apa yang ingin di cari
MICROSOFT WORD
Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat
populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat
dalam satu paket microsoft office yang berisi microsoft word, microsoft excel,
microsoft power point, microsoft office publisher microsoft office access dan
lain-lain.. Akan tetapi dari sekian banyak ini paket yang ditawarkan microsoft
word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel
dan power point.
1. Cara
mengubah satu kata yang sama yang berada di satu paragraf.
Pada saat kita sedang mengerjakan tugas kuliah, ternyata ada
satu kata yang penulisannya salah atau kita ingin mengganti kata tersebut,
sementara dalam paragraf tersebut ada banyak sekali kata yang sama, jika kita
menggantinya dengan mannual maka akan membutuhkan waktu yang lama. Berikut cara
mengubah kata tang sama yang berada di satu paragraf atau lebih dengan cepat.
- Langkah yang pertama yaitu select kata yang akan di ubah
- Langkah yang kedua, di tab home klik replace. Kemudian akan ada yang muncul dan isi replace with dengan kata yang ingin di ganti dan klik replace
2. Cara
membuat paragraf menjadi banyak, menyisipkan gambar di tengah-tengah teks dan
mengubah huruf menjadi besar.
-
Langkah yang pertama klik tab page layout, kemudian klik columns dan pilih ingin menggunakan berapa columns, misalnya 2
- Langkah selanjutnya untuk menyisipkan gambar di tengah teks. Caranya klik tab insert kemudian klik picture dan pilih picture yang ingin disisipkan dari galeri, setelah gambar muncul klik gambar dan pilih tab format dan klik position dan pilihlah penempatan gambar yang sesuai
ΓΌ Langkah
selanjutnya adalah mengubah huruf menjadi besar. Select huruf yang akan di
rubah, klik insert dan pilih drop cap dan pilih posisi yang di inginkan.
MICROSOFT POWER POINT
Membuat kartu nama di microsoft Power Point
Langkah yang pertama yaitu atur slide posisinya akan potrait
atau landscape
Langkah yang kedua memilih design
Langkah selanjutnya yaitu menyisipkan atau memberikan data
diri dan alamat perusahaan . dalam memberikan data diri sesuai dengan
kreatifitasnya masing-masing. Bisa juga kita sisipkan simbol-simbol dari
internet.
Kartu namapun sudah selesai
Komentar
Posting Komentar